MOHON DUKUNGAN

MOHON DUKUNGAN

Jumat, 27 Juli 2012

Atlet Judo Arab Akan Bertanding Tanpa Jilbab


Atlet Judo Arab Akan Bertanding Tanpa Jilbab

"Dia akan bertanding dengan semangat judo, tanpa mengenakan jilbab."

Jum'at, 27 Juli 2012, 22:18Luzman Rifqi Karami
Wodjan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani (kiri) bersama sang ayah
Wodjan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani (kiri) bersama sang ayah

AL-AKHBARONLINE.CO.ID - Atlet judo Arab Saudi, Wodjan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani dipastikan akan bertanding tanpa menggunakan jilbab di Olimpiade 2012. Hal tersebu diungkapkan oleh Presiden Federasi Judo, Marius Vizer.

"Dia akan bertanding dengan prinsip dan semangat judo, jadi tanpa menggunakan jilbab," ujar Vizer seperti dilansir Reuters.
Juru bicara Federasi Judo, Nicolas Messner mengungkapkan keputusan ini dilakukan karena alasan keamanan.

"Dalam judo kita menggunakan teknik mencekik dan mencengkeram leher sehingga jilbab bisa berbahaya. Satu-satunya perbedaan dari pesaing adalah level dari judo," ujar Messner.
Hal ini tentunya akan menjadi kontroversi di Arab Saudi. Pasalnya Arab begitu tegas dalam mengamalkan hukum Islam, di mana wanita diwajibkan mengenakan jilbab, lengan, dan pakaian panjang. Hal ini berlaku juga di ajang Olimpiade.

Arab sendiri baru kali ini mengirimkan atlet wanita ke Olimpiade. Shaherkani menjadi salah satu atlet wanita Arab yang berpartisipasi selain Attar Sarah yang berpartisipasi di lari cabang lari lintasan 800 meter.

Shaherkani akan bersaing di judo kategori 78 kg. Dia akan bertanding pada Jumat pekan depan, 3 Agustus 2012.
Sebelum Olimpiade 2012, Arab beserta Qatar dan Brunei Darussalam tak pernah mengirimkan atlet wanita ke Olimpiade. Arab Saudi mengizinkan atlet wanita bertanding di Olimpiade dengan berharap mereka tetap mematuhi pakaian yang sesuai syariat Islam. (eh)

Tidak ada komentar: